Thursday, February 25, 2010

Habbatus Sauda

Habbatus Sauda’ merupakan sejenis tumbuhan semulajadi berbentuk rumput kecil. Ia mengeluarkan bunga berwarna biru atau putih dimana didalamnya terdapat biji Habbatus Sauda'. Tumbuhan ini terdapat di kawasan Mediterranean dan kawasan yang beriklim gurun.

Di dalam bahasa Arab ia dipanggil Habbatus Sauda, bahasa Inggeris dipanggil Black Seed, dalam bahasa Melayu ia dikenali sebagai Jintan Hitam manakala bahasa saintifiknya dipanggil Nigella Sativa.


Habbatus Sauda merupakan antibiotik semulajadi yang amat berkesan dalam jangka masa singkat tanpa mendatangkan kesan sampingan. Ia juga dapat menguatkan antibodi yang sedia ada dalam tubuh badan.

 



Nabi Muhammad s.a.w bersabda : " Tetaplah kamu dengan Habbatus Sauda. Sesungguhnya padanya terdapat ubat bagi segala penyakit, kecuali mati "
( Hadis riwayat Bukhari )

Sedikit info yang dipetik dari sumber blog mengenai Habbatus Sauda.
  1.  Menguatkan sistem kekebalan
    Berdasarkan hasil penilitian, jintan hitam dapat meningkatkan jumlah cells T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektifitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo (hanya 7%). Dr. Basil Ali dan koleganya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal, mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saudi. Keampuhan ekstrak Nigella diakui oleh Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian, Nigella dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.
  2. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan
    Dengan kandungan asamlinoleat (Omega6) dan asamlinolenat (Omega3), Nigella merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Nigella juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat baik diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
  3. Meningkatkan bioaktivitas hormon
    Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon, di antaranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Nigella adalah setrol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.
  4. Meneutralkan racun dalam tubuh
    Racun dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru, dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernapasan, dan menurunkan daya konsentrasi. Nigella mengandung saponin yang dapat meneutralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
  5. Mengatasi gangguan tidur dan stress
    Sapion terdapat pada Nigella mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein, dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan keadaan keliling, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.
  6. Antihistamin
    Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari Nigella dapat mengisolasi dithymoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari Volatile Nigella. Pemberian minyak ini mendatangkan kesan positif terhadap pesakit asma bronchial.
  7. Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich ia melakukan ujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap debu, serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak Nigella. Dalam praktiknya, DR. Schleincher mencadangkan Nigella kepada pesakitnya yang menderita in uenza.
  8. Memperbaiki saluran pencernaan dan antibakteria
    Nigella mengandung minyak atsii dan minyak volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare.
    Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan volatile lebih ampuh untuk membunuh strain bakteri V Cholera dan EColi dibandingkan dengan antibiotik seperti ampicillin dan tetrasiklin.
  9. Melancarkan air susu ibu
    Koordinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat pada Nigella dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literatur penelitian Potchestroom, tahun 1989.
  10. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
    Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan, anak­-anak akan mudah terkena batuk dan pilek. Kandungan Omega3, Omega6, dan Omega 9 yang terdapat pada Nigella merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.
  11. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan
    Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang penting. Fungsinya melindungi tubuh dari benturan sik,kuman,danjamur. Nigella sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan, dan keremajaan kulit.
  12. Nutrisi bagi lansia dan food suplement
    Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat deal untuk orang yang berusia lanjut,terutama untuk menjag adaya tahan tubuh dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Nigella juga mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat di produksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.
  13. Pada kongres kanker internasional di New Delhi pada musim gugur yang lalu, minyak Nigella diperkenalkan ilmuan kanker Immono Biology Laboratory, dari California Selatan. “Nigella sativa dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Interferon-nya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merosak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.”        Sumber : http://crcradix.blogspot.com/